Wednesday, October 31, 2012

Lagu-lagu Depresi - Part 1

Hei, Guys!
Back lagi nih ane, hehe.

Kali ini mau nge-share aja si, tentang lagu-lagu, biar ga bosen gitu baca blognya.
Yang mau ane share yaitu lagu-lagu depresi. Pernah kan kalian ngerasain depresi? Rasanya kayak ada sebuah tekanan yang ngeberatin hati dan fikiran kita. Sampe malah ada yang bunuh diri karenanya.

Hmmm... kasian ya? Tapi kalo menurut ane, misalnya kalo kalian ngerasain seperti itu, coba kalian dengerin musik aja. Kalian keluarkan emosi kalian lewat musik-musik yang mengalir, nanti juga ilang dengan sendirinya kok.

Haha, cukup basa-basinya, nanti lama kelamaan jadi basah trus jadi basi.

Oke, ini dia lagu-lagunya


Blink-182 - Adam's Song



Hmmm... lagu ini adalah salah satu lagu favorit ane, dari band favorit ane juga. Yap! Blink-182.

Lagu ini bercerita tentang sang bassist yang merasa sedikit depresi karena ia jauh dipisahkan jarak dari keluarganya (rindu keluarga gitu), karena dia sedang melakukan tour bersama bandnya.
Lalu juga ada sebuah cerita dibalik lagu ini. Jadi ceritanya Bassist Blink-182 yaitu, Mark Hoppus, dia nerima sebuah surat dari seorang anak muda yang ditulis sebelum dia bunuh diri. Mark yang ngebaca surat itu mengaku sedih banget gan, ampe nangis dianya. T_T
Dibalik lirik  "I traced the cord back to the wall, no wonder it was never plugged in at all". Lirik itu terinspirasi dari sang gitaris, Tom DeLonge. yang lagi maen gitar di garasinya, dan amp(bener ga sih?)nya terkena genangan air. Untungnya aja si doi ga nyolokin ampnya, jadi dia ga kesetrum
Satu lagi, "I took my time, I hurried up, the choice was mine, I didn't think enough" itu seperti mengacu, atau menjawab lirik dari sebuah lagu Nirvana di tahun 1991 yang judulnya "Come As You Are". Begini liriknya "Take your time, hurry up, the choice is yours, don't be late."
Lagu ini dinamakan Adam's Song, karena Adam itu seperti sudah mewakili semua laki-laki di dunia. Yap, lagu ini cocok buat seorang laki-laki yang lagi depresi.

Oh iya untuk informasi aja, lagu ini sekarang udah ga masuk "setlist" mereka manggung sejak 2009, karena meninggalnya salah satu teman band ini yaitu DJ AM(Adam Goldstein)


Green Day - Basket Case



Lagu ini juga lagu dari salah satu band favorit ane, Green Day. Siapa yang ga kenal Green Day hari ini? haha.

Tentang kegelisahan, ketakutan seseorang yang membuat orang itu menjadi "crazy", dan juga tentang sang gitaris sekaligus vokalis band ini, Billie Joe, yang menderita "Various Panic Disorders" ketika ia tumbuh dewasa.
Basket Case sendiri adalah kata "slang" yang mengacu pada orang yang mempunyai emosi tidak stabil, disfungsional, ataupun orang yang sama sekali tidak berguna. Awalnya kata tersebut dipakai untuk para prajurit yang diamputasi pada perang dunia pertama (WW1).



Linkin Park - Numb



Lagu ini juga dari salah satu band favorit ane, Linkin Park. Yup! haha...

Jadi gini ceritanya, lagu ini tuh bercerita tentang seorang anak yang hidup dalam tekanan tinggi "High Expectations Parents".
Lirik  "Every step that I take is another mistake to you" adalah tentang bagaimana dia merasa tidak bisa melakukan apapun untuk membuat orang tuanya bahagia.
Lirik "Can't you see that you're smothering me holding too tightly afraid to lose control cause everything that you thought I would be has fallen apart right in front of you" megacu pada seorang anak yang ingin lepas dari kekangan orang tuanya, karena dia sadar, dia ga bisa jadi anak yang "sempurna" seperti yang orang tuanya idam-idamkan.
Lirik "All I want to do is be more like me and be less like you" menceritakan bahwa anak tersebut ingin menjadi dirinya sendiri, dan ga mau terlalu diatur orang tuanya.
"But i know I may end up failing too but I know you were just like me with someone disappointed in you" Pada lirik ini, si anak menginginkan orang tuanya untuk merasakan bagaimana menjadi dia, ditekan dengan ekspetasi tinggi untuk menjadi anak yang sempurna.
Kalo menurut ane, lagu ini cocok buat anak yang ditekan oleh orang tuanya untuk menjadi sesempurna mungkin dari anak lain, dikekang, tidak diberi kebebasan. Hmmm sabar ya, nak.


"Lah kok dari band yang ente suka semua?"
Lah ya terserah ane, ane yang punya ini blog :p
Haha becanda kok, kalo ada masukan ya nanti ane update yak!

Oh iya, mau lanjutin betapa mencari ilham dulu yak! yo dadah, dan selamat menikmati!

1 comment: